Info

6/recent/ticker-posts

makanan khas pronvinsi Jawa Barat



Jawa Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan budayanya yang khas, termasuk dalam hal kuliner. Makanan khas Jawa Barat memiliki ciri khas yang unik dan berbeda dengan kuliner daerah lain di Indonesia. Berikut adalah beberapa makanan khas Jawa Barat yang patut untuk dicicipi:

Nasi Timbel

Nasi Timbel merupakan makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari nasi yang dicampur dengan rempah-rempah dan dibungkus dengan daun pisang. Nasi timbel biasanya disajikan dengan lauk pauk seperti ayam goreng, tempe goreng, tahu goreng, dan sambal terasi.

Sate Maranggi

Sate Maranggi adalah sate yang berasal dari Purwakarta, Jawa Barat. Daging yang digunakan untuk sate ini biasanya adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil, kemudian dimasak dengan bumbu khas yang terdiri dari bawang putih, ketumbar, jahe, dan rempah-rempah lainnya.

Soto Bandung

Soto Bandung adalah sup ayam khas Jawa Barat yang menggunakan bahan-bahan seperti daging ayam, kentang, tauge, dan mie kuning. Soto Bandung biasanya disajikan dengan kerupuk, perasan jeruk nipis, dan sambal.

Mie Kocok

Mie Kocok adalah mie yang disajikan dengan kuah kaldu sapi yang gurih. Mie Kocok biasanya disajikan dengan daging sapi yang empuk, tauge, dan emping sebagai pelengkapnya.

Batagor

Batagor merupakan makanan ringan yang terbuat dari ikan tenggiri dan tepung tapioka yang digoreng. Batagor biasanya disajikan dengan saus kacang dan kecap manis.

Surabi

Surabi adalah jajanan tradisional Jawa Barat yang terbuat dari tepung beras dan santan. Surabi biasanya disajikan dengan kuah gula merah atau kelapa parut sebagai topping.

Cireng

Cireng adalah singkatan dari "aci digoreng". Cireng terbuat dari tepung kanji yang digoreng dan disajikan dengan saus sambal dan kecap manis.

Itulah beberapa makanan khas Jawa Barat yang wajib untuk dicoba. Selain makanan-makanan tersebut, masih banyak lagi makanan khas Jawa Barat yang tidak kalah enaknya seperti soto Bandung, nasi tutug oncom, ketan bakar, dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Jawa Barat saat berkunjung ke daerah tersebut untuk memuaskan lidah dan penasaranmu akan kuliner khas daerah tersebut.

Dapat kan info lebih menarik seputar makanan ada disini

https://snackinajaa.blogspot.com/ 

 

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar